little smart much idiot

Just another WordPress.com weblog

5. UTS: IDEO ways

blog ini sebagai UTS mata kul CI.. gw disuru ngejelasin n ngejabarin tentang 1 perusahaan yang bernama IDEO ini. pas pertama kali gw denger pas kuliah CI, sdkt agak males ngikutinnya soalnya ga pernah denger namanya n tiba-tiba pada akhir kuliah dikasi tugas (buat UTS pula lg!!). tapi pas gw liat2 n cari datanya d web tentang perusahaan ini gw sedikit merasa seperti orang bodoh yg ga tau apa-apa ternyata perusahaan IDEO ini udh terkenal banget di dunia.

IDEO

perusahaan IDEO ini merupakan salah 1 perusahaan paling kreatif dan inovatif di dunia. IDEO adalah perusahaan konsultasi untuk bagian desain dan dan inovasi yang bermarkas di Palo Alto, California. perusahaan ini membantu dalam desain mulai dari produk, servis, lingkungan, dan hal-hal yang berhubungan dengan digital teknologi sampai-sampai perusahaan-perusahaan besar (yg gw kenal nama perusahaannya.. haha..) seperti Microsoft, Apple, Pepsi dan lain sebagainy juga menggunakan jasa mereka . IDEO ini pada awalnya terdiri dari gabungan 3 perusahaan design yaitu David Kelley Design, ID Two, dan Matrix Product Design dengan CEO saat ini adalah Tim Brown.

sisi kreatif IDEO ini tidak hanya dalam mensolusikan masalah, namun juga caranya dalam memetaforakan gagasan. Dalam upayanya memahami pasar dan menemukan solusi, IDEO turun langsung ke pasar, jalan2, stasiun, supermarket, dan tempat-tempat lainnya seperti pada kehidupan sehari-hari. IDEO bertindak seperti itu karena mereka meyakini bahwa baik di bidang seni, sains, teknologi atau bisnis, inspirasi ternyata seringkali datang dari kedekatan dgn tindakan. Ide-baru akan muncul dari melihat, mencium, mendengar, dan berada di tempat.

lanjut ke cara kerja dari perusahaan IDEO ini. ada 5 langkah sistem kerja dari perusahaan IDEO ini yaitu:
1. observation –> seperti udh djelaskan diatas observation yang mereka lakukan dengan langsung turun dalam kehidupan sehari-hari dan mengamati setiap proses yang ada untuk kemudian dikembangkan menjadi ide.
2. brainstorming –> pencarian dan pengumpulan dari semua hasil observation menjadi ide sebanyak mungkin.
3. prototyping –> pembuatan visualisasi hasil ide-ide yang didapat dari langkah brainstorming dengan prototype yang kreatif.
4. refining –> semacam penyeleksian hasil-hasil ujicoba prototype yg dibuat dan penyempurnaan hasil ide yang kira-kira bakal digunakan dan diimplementasikan.
5. implementation –> membuat segala sesuatu yang telah mereka kerjaan menjadi kenyataan.

nah dengan 5 langkah kerja standar namun efektif ini telah menjadikan perusahaan IDEO ini sebagai salah satu perusahaan paling kreatif dan inovatif di dunia sekarang ini. GOKIL buat IDEO!! (ga rugi gw bikin tgs ini karena nambah wawasan gw tentang 1 perusahaan besar lg di dunia dengan hasil briliannya =D)

Advertisements

October 20, 2009 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: